Monday, April 29, 2013

13619770941131720157
Harlem Shake Versi Indonesia dilakukan oleh Kru Detik News (Sumber : www.uniqpost.com)
Beberapa waktu yang lalu dunia dihebohkan dengan atraksi kocak nan jenaka penyanyi Asal Korea Psy dengan goyangan dance yang kratif dan membuat decak kagum seluruh masyarakat dunia. Lewat gerakan seperti cowboy mengendarai kuda ini penyanyi Psy berhasil melanglang buana bahkan sampai duet sepanggung dengan Madonna. Yang lebih gilanya lagi Psy melakukan tarian gagman style saat setelah pengambilan sumpah jabatan presiden Korea Selatan terpilih di gedung Parlemen.
1361977278682922369
Harlem Shake versi luar negeri (Sumber :www.mashable.com)
Namun, ternyata fenomena gangnam style saat ini sepertinya sudah sedikit bergeser dengan fenomena dance baru bernama Harlem Shake. Banyak dari masyarakat di dunia khususnya di Indonesia mengetahui tarian Harlem Shake saat melihat ribuan orang masyarakat dunia berbondong-bondong membuat tarian Harlem Shake versi mereka sendiri. Harlem Shake ini bermula pada tahun 1981 di Harlem, permukiman besar di New York, AS, di mana ada seorang yang bernama Al Bm membuat gerakan dansa yang menggerak-gerakkan bahu keluar-masuk,dan seluruh tubuh. Kemudian gerakan itu dinamainya sesuai dengan huruf depan dari namanya, menjadi “Albee” atau “Albee in Harlem”.
Gerakan tarian Harlem Shake sendiri biasanya dilakukan dengan cara menggerakkan pinggul dan tangan secara bersamaan ke depan dan kebelakang. Harlem Shake pernah terkenal juga di tahun 2011, namun kini di tahun 2013 ini goyangan Harlem Shake kembali populer lewat aksi-aksi lucu yang diunggah ke YouTube. TheSunny Coast Skate dan Filthy Frank yang memulai aksi ini, video tersebut menampilkan satu orang yang menari saat intro, dan saat lagu memasuki reff semua orang ikut menari. Lucunya, semua penari menggunakan kostum lucu dengan gerakan tarian yang tidak biasa. Pada bulan Februari 2013 ini, tepatnya tanggal 2 Februari 2013, salah seorang pengguna YouTube dengan ID Dizasta Music mengunggah video parodi dari tarian Harlem Shake ciptaan Baauer tersebut. Sejak saat itu, bertambah banyaklah pengguna YouTube yang mengunggah video-video parodi Harlem Shake, hingga sekarang ini menjadi sangat booming, bahkan disebut-sebut mampu menggeser posisi Gangnam Style di tangga musik internasional.
Menurut data yang dicatat oleh pihak YouTube, dari sepanjang minggu kedua di bulan Februari 2013 ini, sudah ada lebih dari 4.000 video yang berjudul Harlem Shake, diunggah ke YouTube setiap harinya, dan hampir 12.000 video Harlem Shake itu dilihat lebih dari 44 juta kali. Di Indonesia sendiri demam Harlem Shake mulai bak virus baru yag sedang bermutasi di tubuh manusia. Jutaan anak muda dari berbagai kalangan berlomba-lomba mengupload video kreatif hasil racikan mereka sendiri untuk ditonton di dunia maya lewat situ youtube. Entah sampai berapa alam fenomena Harlem Shake akan bertahan di Indonesia dan dunia. Yang jelas jika seseorang sedang mencoba membuat Harlem Shake sama artinya orang tersebut sedang meluapkan isi hatinya lewat tarian yang bergenre freestyle tersebut.
Posted by Budaya On 6:27 AM No comments

0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Labels

Blogger templates

Categories

    Blogger news

    Blogroll

    About

    Labels